Kamis, 03 April 2014

Raih Mimpi Lewat Ponsel


Columbia bercita-cita mewujudkan setiap impian masyarakat Indonesia melalui aplikasi Shoot Your Dream. Berhasilkah upaya mereka? 

Mungkin banyak di antara kita tertarik akan suatu barang dan memimpikan untuk memilikinya. Padahal, di saat yang sama kita tidak punya uang tunai ataupun mengetahui tempat membeli barang tersebut. Tak usah bingung untuk mewujudkan itu, Anda hanya perlu mengambil ponsel pintar untuk memfoto produk yang diinginkan dan mengunggahnya di aplikasi “Shoot Your Dream”.

Aplikasi kredit mobile besutan Columbia ini memang diciptakan untuk membantu konsumen memperoleh dan membeli secara kredit barang yang mereka impikan, baik berupa alat elektronik, perabotan rumah tangga, gadget, sampai produk fashion dan barang-barang hobi, seperti sepeda ataupun motor. Cakupannya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga regional. 

“Aplikasi ini merupakan belanja online secara kredit dengan biaya cicilan ringan dan kompetitif. Bedanya dengan e-commerce lain, mereka menyiapkan dan menawarkan produk yang sudah ada dan mau dijual kepada konsumen. Tapi, Shoot Your Dream mengembalikan kepada konsumen produk yang mereka inginkan, dan kami akan menyediakan. Kami bisa melayani barang-barang tertentu dari luar negeri,” jelas Darwin Leo, COO Columbia.

Keberadaan aplikasi ini terlahir dari ide Darwin sendiri, kala memperingati perayaan ulang tahun Columbia yang ke-30 tahun dan pemberitaan CNN yang menyebutkan populasi Indonesia yang mencapai 250 juta orang dan didominasi oleh usia di bawah 30 tahun. “Berdasarkan data demografi ini, saya mencoba melakukan inovasi layanan yang mampu mengakomodir kebutuhan dan keinginan segmen muda yang notabene dekat dengan dunia internet,” ujar dia.

Implementasinya, Columbia yang berpengalaman di bidang pembiayaan konsumen, berupaya menggabungkan antara bisnis online dan offline agar bisa diterima segmen muda. Adanya aplikasi ini Columbia menunjukkan diri tidak hanya sebagai perusahaan brick and mortar (B&M), namun juga perusahaan inovatif terdepan yang mampu berinteraksi dengan konsumen digital. 

Columbia optimistis aplikasi ini dapat mengambil bagian dalam potensi pasar e-commerce Indonesia dan membantu konsumen yang tidak dapat membeli secara tunai produk impian mereka. Pendapatan dari transaksinya diharapkan berkontribusi sekitar 10%–20% dari total net revenue perusahaan, yang saat ini telah mencapai Rp1,3 triliun. “Tahap awal, aplikasi ini ditargetkan dapat menarik 300–500 konsumen per hari,” sebut Darwin. 

Penggunaannya juga sangat mudah, konsumen terlebih dahulu mengunduh aplikasi di Google Play, BlackBerry App World, ataupun situs www.shootyourdream.com. Setelah itu, pengguna mengunggah foto atau gambar produk yang diinginkan, lalu menunggu respons dan pemberitahuan jika produk tersedia serta proses lainnya, dan kemudian memilih rentang waktu cicilan yang diinginkan. 

Persyaratan lain yang diperlukan adalah KTP, bukti kepemilikan rumah yang bisa berupa PBB, tagihan listrik ataupun telepon, tanpa perlu jaminan seperti bank atau kartu kredit. “Produk yang dibeli minimal seharga Rp1,5 juta dan bisa memilih tenor cicilan mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Tidak ada batasan maksimal harga pembelian produk, selama itu memungkinkan akan kami layani,” beber Darwin. 

Maksimal lima aplikasi produk bisa diajukan dalam skema kredit lewat Shoot Your Dream. Mengenai pembayaran, pelanggan dapat melakukan transfer ke beberapa bank yang bermitra, kantor pos, ataupun cabang-cabang Columbia. Rencana ke depan, ada penjajakan kerja sama dengan perbankan untuk kartu kredit. 

Di sini Columbia tidak menawarkan katalog barang yang dijual, karena memang konsepnya adalah “palugada” (apa lu mau gue ada) dengan mencoba menjual segala macam barang yang konsumen cari dengan harga tafsiran mereka berikan. “Ketika pengguna mengunggah foto produk yang diinginkan, mereka bisa memberikan spesifikasi, alamat toko, ataupun harga kisarannya. Nanti kami akan mencarikan produk yang sesuai,” papar dia. 

Untuk menarik konsumen, setiap hari Columbia melakukan kegiatan promosi dan kompetisi bulanan. Setelah pengajuan aplikasi, Dreamshooter—sebutan untuk para pengguna aplikasi Shoot Your Dream—dapat mengikuti kompetisi foto di Fanpage Facebook dengan satu pemenang setiap bulannya untuk mendapatkan produk impian mereka secara cuma-cuma. 

Kehadiran aplikasi Shoot Your Dream merupakan langkah awal bagi strategi e-commerce Columbia. Tentunya berbekal pengalaman panjang melayani lebih dari 8 juta rumah tangga di seluruh Indonesia, Columbia bertekad akan terus mengembangkan beragam layanan yang berbasis digital. (Moh. Agus Mahribi/Majalah MARKETING)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar