Selasa, 31 Maret 2015

Menjaga Diri Secara Online


http://justassure.com/



Membeli produk asuransi kini kian mudah. Perkembangan teknologi pun turut membuat saluran distribusinya semakin efektif.

Pada umumnya, produk asuransi disebarkan melalui dua jalur, yaitu agen dan non-agen. Sebenarnya inti dari kedua jalur itu tetap sama, yaitu bisa bertatap muka untuk bisa menjelaskan secara rinci produk asuransi yang akan kita ambil. Namun, jalur distribusi ini masih memiliki beberapa kekurangan. Percaya atau tidak, sebagian agen atau bank yang menawarkan asuransi hanya memikirkan kepentingan pribadi dan target tanpa memikirkan klien ataupun nasabah.

Menyikapi kondisi tersebut, Central Asia Financial (CAF), penyedia asuransi yang merupakan bagian dari Salim Group, menawarkan produk asuransi dengan merek Jagadiri secara langsung dengan mengaplikasikan direct-selling tanpa menggunakan jasa agen. Alhasil, nasabah terlepas dari biaya perantara yang membuat biaya premi lebih ringan.

Menurut VP Strategic Marketing Jagadiri Priska Sari Kurniawan, Jagadiri mengembangkan jalur distribusi secara direct-selling dengan fokus pada digital marketing atau e-commerce. “Inovasi ini untuk mempermudah dan mengubah persepsi asuransi yang dianggap ribet, bertele-tele, dan mahal, sekaligus menjawab meningkatnya kebutuhan gaya hidup online di masyarakat,” ungkapnya.

Melalui saluran distribusi ini Jagadiri ingin menjawab kebutuhan pelanggan akan  perlindungan instan dan langsung, jaminan proses penerimaan klaim yang mudah, serta biaya ringan dan transparan. Hal itu dibuktikan dengan cara pembelian premi di Jagadiri yang tergolong mudah.

Calon nasabah bisa mengunjungi situs www.jagadiri.co.id menggunakan ponsel pintar, komputer, ataupun tablet. Selanjutnya, pilih sendiri uang pertanggungan dan periode pertanggungan yang diinginkan dan hitung premi yang harus dibayarkan, dengan hanya memasukkan data pribadi.

Hanya dibutuhkan 4─5 klik untuk membeli, dalam waktu 6 menit e-policy akan dikirim ke e-mail nasabah. Satu hari kemudian, customer service akan menelepon nasabah untuk memastikan polis sudah diterima. “Kami ingin menjaga kepuasan pelanggan. Mereka berhak mendapatkan yang diinginkan dan harapkan atas apa yang telah dibayar,” ujar Priska.


Selain mudah membeli asuransi, Jagadiri juga memberikan kemudahan dalam urusan klaim dengan jaminan pembayaran klaim maksimal 14 hari kerja, setelah nasabah mengirim dokumen. Lantaran berbasis digital, Jagadiri menyediakan fitur e-Self Care bagi nasabah untuk menelusuri sejauh mana pengajuan klaimnya diproses sampai pembayaran.

Mengenai target pasar, Priska mengatakan Jagadiri menyasar kalangan muda usia 28─35 tahun SES A─B, dengan produk-produk asuransi yang memiliki sifat-sifat muda, dinamis, dan inovatif. Salah satu produk yang ditawarkan adalah asuransi kesehatan dengan merek Jaga Sehat Plus.

Melalui produk ini, nasabah akan mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan dan jiwa, sekaligus penawaran pengembalian premi yang akan dibayarkan sebesar 50% setiap periode tiga tahun, baik ada maupun tidak ada klaim. Jaga Sehat Plus pun memiliki fitur cashless sebagai metode klaim, tidak perlu dilakukan reimbursement untuk biaya rawat inap dan itu sudah termasuk down payment (DP).

Pembayaran dapat dilakukan langsung di rumah sakit yang ditunjuk dengan cara menggesekkan (swipe) kartu Jaga Sehat Plus yang telah dimiliki. Jagadiri sudah bekerja sama dengan 400 rumah sakit di seluruh Indonesia,” beber Priska.

Selain itu, nasabah berhak mendapatkan beragam diskon di merchant-merchant terpilih dan tiket nonton gratis di Blitz Megaplex Grand Indonesia setiap bulan di minggu pertama. Premi yang ditawarkan mulai dari Rp60.000 sampai Rp1,5 juta.

“Harga Rp60.000 boleh diklaim sebagai premi termurah sampai saat ini. Kalau ada yang lebih murah dari harga tersebut dengan manfaat dan perlindungan yang ditawarkan, kami akan membayar selisihnya,” tegas Priska.

Produk inovatif lainnya yang ditawarkan adalah Jaga Investa Flexy, yang merupakan gabungan dari manfaat perlindungan jiwa dan investasi. Melalui produk ini nasabah mendapatkan kebebasan untuk memilih sendiri penempatan dana investasi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Manfaat lain yang ditawarkan di antaranya adalah “JagaAman, yaitu manfaat perlindungan apabila nasabah meninggal dunia, cacat total atau cacat sebagian karena mengalami kecelakaan. JagaSehat, yakni manfaat perlindungan apabila nasabah menjalani rawat inap di rumah sakit, dan JagaKritis, manfaat perlindungan sebesar 100% apabila nasabah didiagnosis menderita salah satu penyakit atau kondisi yang tergolong dalam kategori kritis.

Agar pengguna tertarik mengunjungi situs Jagadiri, dilakukan pemasangan iklan digital hampir di semua portal berita dan media sosial. Kampanye juga dikombinasikan dengan kegiatan BTL. “Sejak pertama dirilis, website Jagadiri.co.id dapat menyedot pengunjung sebanyak 30.000 dalam waktu seminggu,” imbuhnya.

Saat ini Jagadiri sudah memiliki sekitar 1.000 nasabah. Namun, Priska optimistis dalam tahun pertama Jagadiri mampu mendapatkan 35.000 polis, lantaran asuransi yang dibesutnya memiliki banyak keunggulan dan kenyamanan akses perlindungan yang mudah dan cepat.


Moh. Agus Mahribi/Majalah MARKETING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar