Senin, 04 April 2016

Mulai Dulu Baru Sempurnakan


Kredibilitas yang dibangun melalui sebuah konsistensi dan filosofi yang terus terjaga, membawa Cover Super tumbuh dari skala garasi menjadi skala pabrik.


Kerja keras, ketekunan, dan kegigihan saja tidak cukup bagi pebisnis untuk meraih sukses, dibutuhkan kejelian mencari peluang bisnis yang potensial dan menjanjikan keuntungan. Upaya ini pula yang dilakukan Zulkhan Indra Putra ketika merintis bisnis sarung pelindung (cover) kendaraan pada tahun 2012 lalu.

Kala itu, Zulkhan bersama empat rekannya mencari peluang bisnis yang potensi pasarnya besar, tetapi masih belum banyak pemain (blue ocean). Setelah mempelajari berbagai peluang yang ada, akhirnya mantap dipilih bisnis sarung pelindung kendaraan. “Ada kurang lebih 120 juta kendaraan di Indonesia. Jumlahnya akan bertambah sekitar 20 ribu unit setiap bulannya,” sebut dia.

Sadar memiliki modal terbatas, ia memulai dengan skala yang sangat kecil dengan kantor di garasi rumah. Diawali dengan membeli bahan sebanyak 10 meter yang diserahkan ke penjahit untuk dibentuk cover motor sesuai desain yang diinginkan. Kemudian hasilnya dijual di pinggir jalan dengan banner ukuran besar, menyasar konsumen hanya wilayah Yogyakarta.

“Yang penting memulai dulu, sempurna sambil jalan dengan menerapkan filosofi ‘kaizen’, yakni perbaikan berkesinambungan dalam berbisnis. Artinya, segera mulai dulu kemudian disempurnakan. Bukan sempurna dulu, baru mulai. Agar cepat sempurna, perbaikannya harus sangat cepat,” jelasnya.

Dalam menjalankan bisnisnya Zulkhan memilih menggunakan nama usaha dengan label Cover Super supaya mudah dikenal konsumen dan merupakan penjabaran dari kualitas produk yang dimiliki. Proses pemilihan nama juga tergolong cepat sekali, tidak sampai dua jam, karena tidak ingin lama dalam persiapan masuk ke bisnis.

Sambutan dari pasar cukup baik mengingat produk cover motor yang ditawarkan masih tergolong membidik segmen baru. “Respons konsumen cukup bagus, banyak yang tidak menyangka ada cover motor berdesain stylish dengan warna lebih atraktif yang lazimnya hanya didapati pada desain cover mobil,” ujarnya.

Naik Level
Tak membutuhkan waktu lama, Cover Super terus berkembang dan merambah ke produk lainnya. Selain cover motor dan cover mobil yang merupakan produk utama, Cover Super juga memproduksi cover tas ransel, cover tas wanita, cover sepeda, dan cover setir, termasuk membuat cover kendaraan secara custom jika ada permintaan dalam jumlah besar.

Segmen yang dibidik adalah pemilik kendaraan, baik motor, mobil, serta sepeda, yang cenderung lebih sayang dengan kendaraannya. Selain ke end-user, dibidik juga pasar korporasi tertentu yang membutuhkan cover pelindung, seperti dealer yang memesan cover untuk motor ataupun mobil. Bahkan pernah ada perusahaan yang meminta pembuatan cover kapal untuk armada kapalnya.

Harga yang ditawarkan pun kompetitif. Cover motor dijual dengan harga Rp120.000, cover mobil dimulai dengan harga Rp320.000, cover tas harga mulai Rp50.000, dan cover sepeda seharga Rp120.000. “Produk yang paling laris adalah cover motor dan cover mobil. Untuk cover motor saja, setidaknya dapat terjual rata-rata sekitar 12.000 unit per bulan. Dengan jumlah produksi dan penjualan saat ini, kami sudah bisa keluar dari skala UMKM,” kata Zulkhan.

Moleknya penjualan Cover Super memang tak terlepas dari perbaikan berkesinambungan yang dilakukan Zulkhan dan rekan-rekannya untuk menghasilkan produk berkualitas dan berbeda, sehingga produk Cover Super memiliki dua keunggulan umum, yaitu kualitas dan desain produksi. Dari segi kualitas, digunakan bahan yang lebih kuat, tidak gampang robek, dan tidak meleleh terkena knalpot, sehingga lebih awet dan bisa diandalkan supaya konsumen puas.

“Desain adalah keunggulan yang paling menonjol. Saat membuat produk baru, prinsipnya adalah be first or be better. Biarpun tergolong minim pesaing, produk cover motor dan cover mobil ini bukan yang pertama di Indonesia. Karena itu harus lebih baik mencoba melakukan penyempurnaan dan memberi pilihan warna yang elegan,” jelasnya.

Fokus di Online
Satu hal yang menunjang kesuksesan produk adalah strategi dalam memasarkan. Bisa dikatakan bahwa strategi pemasaran merupakan kunci utama dalam membuka pintu kesuksesan sebuah usaha. Strategi pemasaran online pun dipilih Zulkhan yang melihat fenomena maraknya belanja online. Apalagi pemasaran online memiliki biaya rendah dan sudah terbukti efektif membantu pebisnis mendongkrak penjualan.


Simpelnya, hanya lewat media online-lah kreativitas bisa mengalahkan modal besar. Jika pemasar kreatif, konten yang dibuat di media online bisa tersebar ke masyarakat luas dengan biaya rendah, bahkan bisa dibilang tanpa modal. Media online juga sangat cocok untuk bereksperimen dan memperbaiki materi promosi dengan cepat, tidak seperti iklan TV atau iklan koran yang saat sudah tayang tidak bisa direvisi.

“Sekali lagi, kecepatan dan perbaikan (kaizen) adalah budaya dasar kami. Strategi komunikasi yang dibuat tidak yang panjang lebar. Sebelum eksekusi, cukup analisis sederhana, posting, revisi lagi, posting, revisi lagi. Gaya ini hanya bisa diakomodir oleh media online. Hasilnya sangat baik untuk penjualan dan proses membangun merek Cover Super,” bebernya.

Cover Super juga ditunjang oleh online store besar yang ada di Indonesia. Hampir semua online shopping mall besar menjadi jaringan Cover Super. Misalnya Blibli.com, Lazada, MatahariMall, Dinomarket, Bhinneka, serta marketplace besar seperti Bukalapak dan Tokopedia. Selain memasarkan secara online, Cover Super pun menggandeng para agen dan distributor yang sudah ada di 90 kota di seluruh Indonesia. Agen inilah yang memasarkan ke jaringan online dan offline-nya di kota masing-masing.

“Para agen membantu mengenalkan Cover Super di kota mereka. Kami sadar sekali dengan kontribusi mereka. Supaya kerja sama selalu erat, selain berhubungan secara profesional, kami pun selalu memberi sentuhan personal. Konkretnya tidak hanya mencatat tanggal ulang, kadang kami memantau ‘status’ mereka di media sosial untuk memberi kejutan. Misal ada yang anaknya sakit, anaknya khitan, istrinya melahirkan, ataupun berangkat haji, kami mengirim bingkisan disertai kartu ucapan. Ini sangat efektif dalam membangun kepercayaan,” pungkas Zulkhan. (Majalah MARKETING/Moh. Agus Mahribi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar